XT Square merupakan sebuah kawasan wisata yang berlokasi di Jalan Veteran No. 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini saat ini berkembang menjadi sebuah destinasi wisata yang setiap hari selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari dalam dan luar kota. Lokasinya yang dekat dengan Kota Jogja dan juga Kotagede membuat tempat ini menarik untuk disinggahi oleh para pelancong yang melewati kawasan tersebut.

Dulunya XT Square merupakan sebuah terminal sebelum pindah di kawasan Giwangan. Oleh karena itu tempat ini diberi nama XT Square yang merupakan singkatan dari kata EX- yaitu bekas, T singkatan dari terminal dan squre yang berarti kawasan. Kemudian kawasan ini dikembangkan sebagai salah satu sentra toko batik dan aksesoris khas Jogja serta sebagai ruang terbuka bagi masyarakat untuk bersantai. Mayarakat bisa menikmati makanan atau minuman yang dijajakan oleh para pedagang yang berjualan di kawasan ini.

Museum Demata

Di dalam perkembanganya XT Square menjadi lebih tertata dengan apik dan rapi. Di kawasan ini terdapat beberapa objek wisata yang populer yaitu Museum Demata 1, Demata 2 dan juga Dearca. Museum tersebut menambah pilihan objek wisata bagi para pengunjung yang datang ke kota pelajar ini. Museum Demata merupakan sebuah wahana permainan yang menawarkan lukisan atau foto 3 dimensi. Di lokasinini pengunjung dapatberfoto di depan lukisan ini seakan nyata. Museum ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Demata 1 yang merupakan museum pertama kemudian Demata 2 yang merupakan museum dengan koleksi lukisan serta wahana terbaru.

Museum Dearca

Sedangkan museum Dearca merupakan museum yang berisaikan arca-arca tokoh-tokoh terkenal baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Tokoh-tokoh yang ada di museum ini sangat banyak dari para pesohor dunia, pemimpin nasional, pemimpin duni. Ada juga para pahlawan super yang biasa menghiasi layar kaca. Ketiga objek wisata tersebut masih dalam satu managemen sehingga wisatawan bisa membeli tiket terusan untuk menghemat biaya selama wisata. Kalau pun waktunya tidak mencukupi wisatawan bisa memilih salah satu dari ketiga pilihan objek wisata tersebut. Semuanya bisa disesuaikan dengan minat dan keinginanya dan menjadianya paket wisata di Jogja.